Cara Membuat Tape Singkong Manis

Cara Membuat Tape Singkong Manis - Tape singkong, adalah sebuah makanan sederhana yang berasal dari desa, khusunya dijawa, namun meskipun demikian banyak yang menggemari jenis makanan yang satu ini. Selain dijual dengan harga yang cukup murah, ternyata tape singkong juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti mencegah anemia serta mampu mengatur tekanan darah. Namun buat ibu hamil dilarang keras mengonsumsi tape, karena panas dalam kandungan.


Ternyata singkong banyak sekali fungsinya ya sobat, selain enak unuk digoreng, dijadikan kolak, dan juga bisa dijadikan sebagai tape yang saat ini banyak dijadikan usaha oleh para wirausaha. Sayangnya tidak banyak orang yang paham tentang cara membuat tape singkong tersebut. Padahal caranya sangatlah sederhana.

Buat anda yang ingin belajar cara membuat tape dari singkong, langsung saja simak dan praktekkan sendiri cara membuatnya dirumah.

Resep Membuat Tape Singkong

Bahan-bahan Tape Singkong

  • 1 kg singkong
  • 3 butir ragi tape secukupnya
  • Daun pisang, untuk menutupi
Cara Membuat Tape Singkong

  1. Pertama, kupas singkong lalu kerok bagian tubuhnya, selanjutnya potong sesuai dengan selera. Kemudian kukus singkong hingga matang. Angkat dan biarkan hingga dingin.
  2. Kedua, hancurkan ragi tape hingga halus, sisihkan. Ambil wadah, lapisi dengan daun pisang, dan masukan singkong yang sudah selesai dikukus tadi kedalam wadah tersebut.
  3. Ketiga, taburi singkong dengan ragi tape yang sudah halus tadi secara merata. Lalu tutupi dengan daun pisang. Diamkan ditempat tertutup dan kering hingga 2-3 hari, buka bila sudah tercium bau tapenya. Selamat mencoba :)

Itulah resep makanan sederhana membuat tape singkong, sebenarnya masih banyak cara yang lainnya, namun saya pakai cara tersebut karena paling sederhana. Jika anda suka, share juga artikel ini di google plus, facebook dan juga twitter. Terima kasih

2 Responses to "Cara Membuat Tape Singkong Manis"

gamatgoldg31 said...

mantap banget artikelnya, sangat bermanfaat :)

Unknown said...

Biar tape itu rasanya manis , wangi , tahan lama dan ga benyek tuh gimana ? Apa ada campuran yg lain atau gmna ?